Informasi

Ikutilah Master Sains Competition untuk siswa SMP/MTs se Indonesia pada setiap bulan sekali .. informasi lebih lanjut hubungi 085725667543

Sabtu, 12 Januari 2019

Kesehatan Mental Dalam Keluarga

*KESEHATAN MENTAL DALAM KELUARGA*

Masalah kesehatan mental dalam keluarga  ini yang perlu kita pikirkan adalah situasi dan keadaan yang kita perlukan agar terpeliharanya kesehatan mental dalam keluarga, sehingga kehidupan dalam keluarga menjadi penuh semangat.

Misalnya , ketika bangun pagi kita dipenuhi dengan semangat .
Untuk menciptakan suasana itu, harus dimulai dengan hubungan antara ibu dan bapak, ibi bapak dan anak, dan antar seluruh anggota keluarga dimana masing- masing dapat merasakan saling terikat oleh rasa keakraban dan dirasakan adanya suasana yang hangat.

Untuk Menjaga kesehatan mental dalam keluarga dapat memahami satu sama lain.

Adanya kemampuan menyesuaikan diri, tidak hanya terjebak oleh aturan- aturan saja.
Tetapi, bagaimana masing- masing mampu memahami yang lainnya.
Misalnya jika sedang marah harus diredakan dan dicarikan jalan keluar.Jadi suasana keluarga itu perlu akrab, hal yang diperlukan pertama sekali adalah untuk menciptakan keluarga itu satu sama lain harus merasa terikat , saling menyayangi, dan saling memahami kondisi masing- masing .

Jadi dalam usaha menciptakan kesehatan mental dalam keluarga itu harus ada penyesuaian diri antara satu anggota keluarga dan anggota lainnya.
Jangan ada yang merasa yang tertekan , sakit hati atau dongkol diantara anggota keluarga.

Dan jika di dalam keluarga ada terjadi percekcokan pendapat  diantara anggotanya , maka pahamilah perbedaan itu, masing- masing bisa menerima perbedaan tersebut sebagai hal yang wajar .
Dengan kata lain tidak bersifat kaku.

Bagi anak- anak yang tumbuh dalam keluarga yang ibu - bapaknya cekcok saja maka sebenarnya kesehatan mentalnya terganggu.

Karena itu supaya semua anggota keluarga terpelihara kesehatan mentalnya , maka harus diciptakan situasi dan keadaan yang mendukung, yaitu suasana akrab, saling terbuka , saling menyayangi , menghargai dan saling terikat satu sama lain sebagai sebuah keluarga besar.
-----
Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar